Senin, 28 Januari 2013

artikel tentang komunikasi politik/kegiatan PR (peran dan fungsi humas)

Peran dan Fungsi Humas 

( Public Relations)

          Definisi PR

      Hubungan masyarakat atau Public Relations adalah suatu usaha yang sengaja dilakukan, direncanakan secara berkesinambungan untuk menciptakan saling pengertian antara sebuah lembaga/institusi dengan masyarakat. Humas (PR) adalah sebuah seni sekaligus ilmu sosial dalam menganalisa kecenderungan, meramalkan konsekuensinya, memberikan pengarahan kepada pimpinan institusi/lembaga dan melaksanakan program-program terencana yang dapat memenuhi kepentingan baik institusi maupun lembaga tersebut maupun masyarakat yang terkait.

      Public Relations (PR) merupakan fungsi manajemen untuk mencapai target tertentu yang sebelumnya harus mempunyai program kerja yang jelas dan rinci, mencari fakta, merencanakan, mengkomunikasikan, hingga mengevaluasi hasil-hasil apa yang telah dicapainya.

      "Public Relations is planned, persuasive communication designed to influence significant public" (John E. marston "MODERN PUBLIC RELATIONS", 1979).

         Bagian dari fungsi PR:

      Publisitas adalah sumber-sumber informasi yang disediakan oleh PR dan digunakan oleh media karena informasi itumemiliki nilai berita.metode penempatan pesan di media ini adalah metode yang tidak bisa dikontrol sebab sumber informasi tidak memberikan bayaran kepada media untuk pemuatan informasi tersebut.

     

Hubungan internal, bagian khusus dari PR yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan saling bermanfaat antara manager dan karyawan tempat organisasi menggantungkan kesuksesannya

     

      Advertising ,informasi yang digunakan oleh PR untuk menjangkau audiens yang lebih luas,bukan untuk konsumen yang menjadi sasaran marketing,dimana informasi yang ditempatkan di media oleh sponsor tertentu  yang jelas identitasnya yang membayar ruang dan waktu penempatan informasi tersebut. Ini adalah metode terkontrol dalam menempatkan pesan di media

     

      Press agentry adalah penciptaan berita dan pristiwa yang bernilai berita untuk menarik media massa dan mendapatkan perhatian publik

      Public affairs adalah bagian khusus dari PR yang membangun dan mempertahankan hubungan pemerintah dan komunitas lokal dalam rangka mempengaruhi kebijakan publik

      Lobbying adalah bagian khusus dari PR yang berfungsi untuk menjalin dan memelihara hubungan dengan pemerintah dan lembaga lainnya serta perusahaan lain dengan bertujuan mempengaruhi suatu kebijakan ,perundang undangan dan regulasi

      Manajemen isu, adalah proses proaktif dalam mengantisipasi, mengidentifikasi, mengevaluasi, dan merespon isu isu kebijakan publik yang mempengaruhi hubungan organisasi dengan publik mereka. Secara administratif atau secara konseptual manajemen isu adalah bagian fungsi PR akan tetapi jika dilihat sebagai komunikasi persuasif, ia menjadi taktik untuk mempengaruhi kebijakan publik bukan sebagai bagian dari perencanaan strategi organisasi

     

      Hubungan investor adalah bagian dari PR dalam perusahaan korporat  yang membangun dan menjaga hubungan yang bermanfaat dan saling  menguntungkan dengan shareholder dan pihak lain di dalam komunikasi keuangan dalam rangka memaksimalkan nilai pasar

  

              Kegiatan utama Public Relations:

     Menjalankan program terencana dan berkesinambungan sebagai bagian dari manajemen organisasi
    Berurusan dengan hubungan antara organisasi dengan publiknya
    Memantau pengetahuan , pendapat, sikap dan prilaku didalam maupun di luar organisasi
    Menganalisis pengaruh kebijakan , prosedur dan tindakan pada publik
    Menyesuaikan kebijakan ,aturan dan tindakan yang dipandang menimbulkan konflik dengan kepentingan publik dan keberadaan perusahaan 
    Memberikan saran dan masukan kepada manajemen dalam pembuatan kebijakan ,aturan dan tindakan yang di pandang menimbulkan konflik dengan kepentingan publik dan keberadaan perusahaan.
    Membangun dan memelihara hubungan komunikasi dua arah antara organisasi dengan publiknya
    Menghasilkan perubahan yang khusus dalam pengetahuan, pendapat, sikap dan perilaku didalam dan di luar organisasi
    Menciptakan hubungan baru dan ataumemelihara hubungan antara organisasi dan publiknya

       KASUS

      Subuah PT X yang bergerak di bidang minuman susu formula untuk bayi usia 5 tahun ke bawah sedang di beritakan bahwa produk susu formula dari perusahaan tersebut terkandung bakteri yang membahayakan sehingga para konsumen khawatir untuk menggunakan produk susu dari perusahaan X tersebut dan hal ini merngakibatkan dampak yang sangat besar untuk perusahaan karena mengakibatkan pendapatan menurun .dan yang harus di lakukan oleh PR dalam perusahaan tersebut yaitu:

    Mencari informasi sebanyak banyaknya dengan mengecek kebenaran berita tersebut dan  melakukan tes terhadap susu yang di beritakan tersebut sehingga memiliki data data informasi mengenai susu tersebut
    Membuat planning atau rencana kegiatan yang harus dilakukan terlebih dahulu agar hasil yang diinginkan tercapai.
    Kemudian melakukan press conference kepada media terlebih dahulu untuk menklarifikasi masalah tersebut dengan membawa ahli gizi agar masyarakat lebih yakin.
    Bekerja sama dengan pihak internal untuk membagi tugas dengan efektif agar terjadi keseimbangan dan agar kegiatan dari masing masing karyawan bisa terfokus dengan baik dan menghimbau karyawan agar tetap tenang dengan keadaan ini.
    Kemudian melakukan pendekatan kepada publik dengan memberi himbauan jika produk susu di perusahan kami terbukti tidak mengandung zat berbahaya tersebut dengan cara mengadakan talk show dengan mengundang dokter ahli gizi, bazar dan acara lain sesuai dengan kegiatan yang di rencanakan sebelumnya
    Membuka kritik dan saran bagi masyarakat dan konsumen untuk ditujukan kepada perusahaan
    Membuat promosi dengan media massa contohnya brosur, iklan, (media cetak dan media elektronik)
    Melakukan pemantauan terhadap segala kegiatan yang dilakukan perusahaan agar tujuan tercapai sesuai dengan apa uang diinginkan
    Melakukan evaluasi terhadap apa yang telah dilakukan atau seluruh kegiatan perusahaan kepada masyarakat atau konsumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar